Kamis, 01 Desember 2011

Boneka-boneka bersejarah di berbagai belahan dunia

1. Si Unyil (Indonesia)


Awalnya Si Unyil merupakan film seri televisi Indonesia yang pertama kali mengudara di stasiun TVRI pada tahun  1981. Film seri boneka ini menceritakan tentang seorang anak Sekolah Dasar (yang lalu akhirnya setelah bertahun-tahun lamanya bisa mencapai posisi Sekolah Menengah Pertama) bernama Unyil dan petualangannya bersama teman-temannya. Kata "Unyil" berasal dari "mungil" yang berarti "kecil".

2. Teddy Bear (USA)



Teddy bear adalah sejenis boneka beruang untuk anak-anak. Namanya berasal dari Theodore Roosevelt, Presiden Amerika Serikat ke-26, yang nama panggilannya adalah "Teddy".

Pada tahun 1902, Roosevelt memutuskan untuk menjelajahi daerah sengketa antara negara bagian Mississippi dan Louisiana sekaligus berburu beruang hitam selama lima hari. Saat sedang berburu, dia melihat anak beruang. Namun dia malah melepaskannya. Ia tidak mau membunuh hanya untuk kesenangan semata.

Seorang pemilik toko permen yang mengetahui hal itu meminta istrinya membuat sebuah boneka beruang dan mengirim surat kepada Roosevelt untuk meminta ijin memberikan nama boneka beruang tersebut "Teddy bear".

3. Hinamatsuri (Jepang)




Hina Matsuri adalah perayaan setiap tanggal 3 Maret di Jepang yang diadakan untuk mendoakan pertumbuhan anak perempuan. Keluarga yang memiliki anak perempuan memajang satu set boneka yang disebut hinaningyō (雛人形?, boneka festival).

Satu set boneka terdiri dari boneka kaisar, permaisuri, puteri istana (dayang-dayang), dan pemusik istana yang menggambarkan upacara perkawinan tradisional di Jepang. Pakaian yang dikenakan boneka adalah kimono gaya zaman Heian. Perayaan ini sering disebut Festival Boneka atau Festival Anak Perempuan karena berawal permainan boneka di kalangan putri bangsawan yang disebut hiina asobi (bermain boneka puteri).

4. Matryoshka (Rusia)



Matryoshka adalah boneka khas Rusia yang dapat diisi dengan bentuk boneka-boneka yang lebih kecil. Nama "matryoshka" diambil dari nama "Matryona", yang merupakan nama dari seorang wanita yang bertubuh gemuk. Model-model boneka matryoshka dapat bervariasi sebagai contoh bentuk gadis petani dengan pakaian tradisional, karakter dongeng sampai para pemimpin Soviet.

Boneka Matryoshka ini konon idenya berasal dari Jepang dan sudah ada dan menjadi trade mark Russia sejak tahun 1890. Konon Sergei Maliutin, seorang pelukis Russia dari Abramtsevo terinspirasi dengan boneka kayu klasik Jepang Shichi Fuku Jin (7 Dewa Keberuntungan) dan Fukurokuju (boneka lelaki lucu dengan kepala botak). Pelukis ini minta bantuan kawannya seorang pengrajin untuk membuat bonekanya dan kemudian dilukisnya. Yang unik, lukisan pada boneka ini berisi cerita cerita berseri mulai dari cerita klasik Russia, kepahlawanan Tsar Russia, dan bahkan yang sedang laris saat ini adalah tentang 'American's Friends' seperti Osama Bin Laden, kalau dibuka didalamnya ada Saddam Hussein, dibuka lagi ada Ahmadinejad dan lain lain.

5. Barbie (USA)



Boneka perempuan cantik dengan kaki panjang ini muncul sekitar tahun 1945 dari sebuah keluarga pecinta boneka. Keluarga ini terinspirasi dari putrinya yang suka memainkan boneka kertas. Kemudian sang Ibu yang bernama Ruth Handler merasa kasian dengan anaknya bernama Barbara Handler yang selalu sedih ketika boneka kertasnya robek. Oleh karena itu, sang ibu ingin menciptakan mainan baru agar permainan boneka anaknya bisa bertahan lama.

Maka dibuatlah sebuah boneka perempuan cantik dengan rambut pirang dan mata biru. Kaki dan lengan panjang sehingga boneka tersebut tampak ramping dan sempurna. Bentuk badan Barbie dipercaya sebagai bentuk badan idealnya kaum hawa dalam ukuran miniatur. Nama barbie sendiri diambil dari nama Barbara Handler

1 komentar: