Selasa, 02 November 2010

Anthropometri

Anthropometri adalah suatu bidang Ergonomika yang menyangkut masalah pengukuran statik manusia. Berasal dari kata dalam bahasa Yunani yaituanthropos (= manusia) danmetron (= pengukuran). Data anthopometri dapat digunakan untuk optimasi dimensi berbagai macam benda yang sering digunakan manusia.

Alat Ukur Anthropometri (Anthropolometer)
Anthropolometer
Anthropolometer adalah suatu alat untuk mengukur jarak, ketinggian, dan sudut suatu titik dari suatu posisi acuan tertentu. Realisasinya, alat ini berguna sebagai alat bantu untuk mendisain atau mengetahui posisi alat-alat atau instrumen pengendali dari suatu mesin atau sistem kerja terhadap posisi operatornya.

Sesuai dengan kegunaanya, alat ini terdiri dari pengukur jarak yang dapat digerakkan secara horizontal, vertikal, dan berputar pada sumbu vertikal sehingga dapat digunakan untuk mengetahui posisi relatif suatu titik terhadap titik acuan tertentu. Alat yang seringkali digunakan dalam pengukuran anthropometri adalah anthropolometer.

Cara pengumpulan data anthropometri adalah dengan melakukan pengukuran dimensi tubuh masing-masing individu suatu populasi. Terdapat dua jenis data anthropometri yaitu data dimensi statik dan dinamik. Data dimensi statik adalah data yang diperoleh dari pengukuran saat tubuh manusia dalam posisi tetap baik dalam kondisi duduk maupun berdiri.

http://htmlimg1.scribdassets.com/8ngmw279i40j0ow/images/6-fe673347ce/000.jpg

Sedangkan data dimensi dinamik adalah data yang diperoleh dari pengukuran saat tubuh manusia dalam posisi melakukan suatu aktivitas. Terdapat dua prinsip dalam memperoleh data dimensi dinamik, yaitu dengan estimasi dan integrasi. Prinsip estimasi adalah dengan mengkonversi data statik untuk kondisi dinamik, contohnya tinggi badan dinamik sama dengan 97% tinggi badan statik, jangkauan dinamik sama dengan 120% panjang tangan statik, dll. Sedangkan prinsip integrasi adalah dengan menggabungkan data yang berhubungan dengan suatu ukuran, contohnya jangkauan dinamik adalah penjumlahan antara panjang tangan statik, pergerakan bahu, rotasi parsial punggung, jarak saat membungkuk, dan pergerakan telapak tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar