Kamis, 01 Juli 2010

Anomali air, penyebab es mengapung di atas air

Sudah menjadi fitrah setiap benda bahwa dia akan memuai jika dipanaskan dan akan menyusut jika didinginkan. Namun beda halnya dengan air yang akan menyusut jika dipanaskan dan mengembang jika didinginkan. Itulah gejala alam yang oleh para scientist dunia dinamakan "Anomali Air"

Pemuaian adalah peristiwa bertambahnya panjang sebuah benda karena dipanaskan. Secara empiris (penelitian), saat terjadi pemuaian, maka yang bertambah dari benda tersebut adalah volumenya, bukan massanya. Begitupun saat terjadi penyusutan, yang berkurang adalah volumenya sedangkan massa zat tetap/tidak berubah.

Fakta unik, bahwa kebalikan dari hal tersebut berlaku untuk air. Volume air akan bertambah saat didinginkan hingga 0 derajat Celcius, artinya air mengembang saat dibekukan. Karena massa jenis berbanding terbalik dengan volume, maka volume bertambah dan massa tetap, massa jenis akan berkurang. Dengan kata lain, massa jenis air yang membeku -es- lebih kecil dibandingkan massa jenis air, sehingga es mengapung di atas air walaupun es termasuk benda padat. Itulah salah satu keanehan dari sebuah zat bernama 'air' yang diberi istilah "Anomali Air"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar