Kamis, 01 Juli 2010

Knock Nevis, Kapal Tanker terbesar di dunia


Seawise Giant, demikian nama asli kapal ini saat dibuat pada tahun 1979 oleh Sumitomo Heavy Industries, Ltd di galangan kapal mereka di Yokosuka, Kanagawa, Jepang. Awalnya kapal ini didesain dengan daya angkut 480.000 metric tons DWT (deadweight) kemudian dinaikkan menjadi 564.763 metric tons DWT. Seawise Giant resmi diluncurkan pada tahun 1979.

Kapal ini pernah diserang oleh pasukan udara Irak saat terjadi Perang Irak-Iran. Saat itu, Seawise Giant tengah mengangkut minyak mentah Iran dan melintasi perairan selat Hormuz. Akibat serangan tersebut, Seawise Giant mengalami kerusakan parah dan dinyatakan 'pensiun'.

Tidak lama setelah Perang Irak-Iran berakhir, Norman International membeli kapal ini dan memperbaikinya. Setelah perbaikan selesai, kapal ini berganti nama menjadi Happy Giant pada tahun 1989.

Pada tahun 1991, Jorgen Jahre membeli Happy Giant dan mengganti nama kapal tersebut menjadi Jahre Viking. Selama tahun 1991 sampai 2004, Jahre Viking dimiliki oleh Loki Stream AS dan mengibarkan bendera Norwegia. Hingga akhirnya pada tahun 2004, First Olsen Tankers Pte. Ltd, membeli Jahre Viking dan mengganti namanya menjadi Knock Nevis. Knock Nevis dialihfungsikan menjadi tangki penyimpanan permanen di ladang minyak Qatar Al Shaheen di Teluk Persia.

Dengan lebar 69 meter dan panjang 458 meter, ente-ente bisa merebahkan Monas, menara Eiffel ataupun Empire State Building New York di atas kapal ini. Knock Nevis mampu membawa minyak bumi sekitar 14 juta barrel yang bisa menghidupi seluruh kendaraan bermesin di muka bumi selama 2 minggu.


Perbandingan Knock Nevis dengan gedung tertinggi di dunia


Perbandingan Knock nevis dengan kapal besar lainnya

Ketika muatannya penuh, bagian dasar kapal ini tenggelam sedalam 25 meter, yang mana mengakibatkan kapal ini (untuk amannya) hanya bisa melalui perairan yang minimal memiliki ke dalaman 30 m. Artinya, Knock Nevis tidak dapat melewati Terusan Panama dan Terusan Suez.

3 komentar:

  1. Allahu Akbar...Luar biasa orang yang sudah membuat kapal ini, semoga bermanfaat...
    Suatu Saat Saya ingin bisa membuat kapal tanker lebih dari knock nevis....
    yang dapat bermanfaat untuk warga yang tidak mampu...tentunya bisa membantu warga2 yang tidak mampu di dunia ini....AMIN

    BalasHapus
  2. cool...besok ane buat kapal 1000 m

    BalasHapus
  3. Ini kapal sudah di scrap di china jadi besi tua.

    BalasHapus