Sabtu, 26 Desember 2009

Tiga Tukang Batu

Di sebuah negeri antah berantah, tersebutlah 3 orang tukang batu yang bekerja untuk membangun sebuah sekolah. Setiap hari mereka mengangkut batu-batu besar dari gunung ke tempat dimana sekolah tersebut akan dibangun.

Suatu ketika mandor yang bertanggung jawab terhadap pembangunan sekolah tersebut bertanya kepada salah satu di antara tiga tukang batu tadi.
"Apa yang sebenarnya sedang Engkau lakukan?"

Lalu tukang batu yang pertama menjawab,
"Seperti yang Bapak lihat, Aku sedang mengangkut batu-batu ini dari satu tempat ke tempat yang lain."

Si mandor menghampiri tukang batu yang kedua dan menanyakan hal yang sama. Tukang batu yang kedua itu menjawab,
"Aku sedang mencari nafkah untuk istri dan anak-anakku, maka Aku bekerja mengangkut batu-batu ini dari satu tempat ke tempat yang lain."

Setelah mendapat jawaban dari tukang batu yang kedua, si mandor beralih ke tukang batu yang ketiga dan mengajukan pertanyaan yang sama pula. Kemudian tukang batu yang ketiga tersenyum lalu menjawab,
"Aku sedang membangun bangsaku. Dengan batu-batu yang sedang Aku bawa, akan berdiri sebuah sekolah sehingga anak-anakku dapat menuntut ilmu di sana dan kelak akan menjadi pemimpin yang membawa kemakmuran bagi bangsa ini."

"Pandanglah dunia dari sisi lain. Gali segala hikmah dalam luasnya jalanan kehidupan dan pelajari sisi positif yang timbul darinya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar