Kamis, 16 September 2010

7 alasan Pulau Komodo layak masuk “The Seven Wonders of the World”

1. Komodo (Varanus komodoensis), adalah spesies kadal yang terbesar di dunia.


2. Komodo adalah satu-satunya reptil besar berkaki empat yang memiliki bisa dan racun mematikan dalam gigitannya


3. Komodo merupakan satwa endemik di Pulau komodo dan sekitarnya (Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami) di Nusa Tenggara Timur. Satwa endemik Pulau Komodo, artinya hanya bisa ditemukan hidup dan berkembang di Pulau Komodo, Indonesia.


4. Komodo sangat sulit untuk ditangkarkan di luar habitat aslinya di Pulau Komodo, bahkan akan mati. Pada tahun 1926, W. Douglas Burden, dari American Museum of Natural History ditugaskan untuk melakukan ekspedisi dan menangkap komodo untuk dibawa ke Amerika. Dia lah yang menyebut “Dragon”. Burden kembali dengan membawa dua komodo hidup dan beberapa yang diawetkan untuk dipelajari di museum. Komodo yang hidup tadi hanya dapat bertahan hidup sebentar di Kebun Binatang Bronx.


5. Taman Nasional Komodo telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1986. Taman nasional ini terdiri atas dua pulau besar, yakni Pulau Rinca dan Padar, yang dikelilingi oleh beberapa pulau kecil. Total luas wilayah daratan taman nasional ini mencapai 1.817 km².


6. Komodo merupakan spesies yang rentan terhadap kepunahan sehingga oleh IUCN Redlist dikatagorikan dalam status konservasi Rentan (Vurnerable). CITES (the Convention on International Trade in Endangered Species) telah menetapkan bahwa perdagangan komodo, kulitnya, dan produk-produk lain dari hewan ini adalah ilegal.


7. Komodo merupakan hewan prasejarah (makhluk purbakala) yang masih hidup!! Para ilmuwan telah menemukan sejumlah fosil di wilayah timur Australia yang berasal dari tahun 300 ribu sampai 4 juta tahun silam. Hipotesis yang kemudian dikemukakan adalah bahwa sekitar 900 ribu tahun silam, nenek moyang Komodo bermigrasi ke Indonesia sudah dalam bentuk yang sekarang ini, sebab perbandingan fosil dengan tulang Komodo di dekat Flores tidak menunjukkan adanya perbedaan.


What can we do?

Segera buka link ini http://www.new7wonders.com/en/index/
Pilih kotak ijo yang tulisannya "Vote for the New 7 Wonders of Nature"
Centang "Komodo" dan 6 tempat lainnya

1 komentar: