Kamis, 09 September 2010

Negeri Paman Sam (Amerika Serikat)

AS medapatkan nama panggilannya 'Negeri Paman Sam' pada 7 September 1813. Nama ini berhubungan dengan Samuel Wilson, seorang pengemas daging asal New York. Ia menyuplai bertong-tong daging bagi tentara AS dalam Perang 1812.

Wilson mencap tong-tong tersebut dengan 'US,' singkatan dari United States (Amerika Serikat) namun para tentara menganggapnya sebagai singkatan dari 'Uncle Sam (Paman Sam).' Koran lokal mengangkat cerita ini dan 'Paman Sam' mulai diterima sebagai panggilan pemerintahan federal AS.

Pada 1860-an dan 1870-an, kartunis politis Thomas Nast mulai mempopulerkan gambar Paman Sam. Nast mengembangkan gambar tersebut dengan memberikan Paman Sam janggut putih dan pakaian yang bermotifkan bintang dan garis. Nast juga-lah yang menciptakan citra Sinterklas dan gajah sebagai simbol Partai Republik. Pada September 1961 Kongres AS mengakui Samuel Wilson sebagai cikal bakal symbol nasional Amerika. Wilson wafat di usia 88 tahun pada 1854 dan dimakamkan di Pemakaman Oakwood di Troy, New York. Kota itu mendapat sebutan 'Rumah Paman Sam.'


Tidak ada komentar:

Posting Komentar