Rabu, 27 Oktober 2010

Kontrol

Kontrol merupakan usaha pengaturan terhadap operasi-operasi dari obyek atau proses agar sesuai dengan tujuan tertentu. Berdasarkan hubungan atau pengaturan antara masukan dan keluaran, maka sistem kontrol dapat dikategorikan atas sistem kontrol loop tertutup (closed-loop control system) dan sistem kontrol loop terbuka (open-loop control system).

Sistem kontrol loop tertutup adalah sistem kontrol yang sinyal keluarannya mempunyai pengaruh langsung pada aksi pengontrolan. Dalam sistem kontrol ini terdapat operasi umpan balik dari sinyal keluaran.

Sistem kontrol loop terbuka adalah sistem kontrol yang tidak berpengaruh pada aksi pengontrolan. Keluaran tidak diukur atau tidak diumpanbalikkan untuk dibandingkan dengan masukan.

Ketelitian dan performansi sistem loop terbuka tergantung padakalibrasi. Sistem kontrol loop terbuka harus dikalibrasi dengan baik dan harus menjaga kalibrasi tersebut agar dapat dimanfaatkan dengan baik. Dengan adanya gangguan, sistem tidak dapat bekerja seperti yang diinginkan.

Sistem kontrol loop terbuka dapat digunakan dalam praktek hanya jika hubungan antara masukan dan keluaran diketahui dan jika tidak terdapat gangguan internal maupun eksternal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar