Kamis, 07 Oktober 2010

Majalah Bobo edisi pertama

Majalah Bobo terbit pertama kali pada tanggal 14 April 1973. Cikal bakal majalah ini adalah halaman anak-anak di Harian Kompas. Atas prakarsa Bapak PK Ojong bersama Bapak Jakob Utama, pendiri Kompas, halaman anak-anak ini dikembangkan menjadi majalah anak-anak. Bekerja sama dengan Majalah Bobo Belanda, pengasuh halaman anak-anak Kompas kemudian membuat Majalah Bobo Indonesia.

Pada mulanya Majalah Bobo terdiri dari 16 halaman kertas koran. Majalah Bobo adalah majalah anak-anak pertama yang berwarna di Indonesia. Sebagian isinya berasal dari bahan-bahan di Majalah Bobo Belanda yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Sebagiannya lagi meneruskan rubrik dari halaman anak-anak Kompas. Bapak Adi Subrata dan Ibu Tineke Latumeten lah yang pertama-tama mengasuh majalah anak-anak ini.

Kini isi Majalah Bobo seluruhnya dibuat dan dikerjakan oleh staf redaksi Bobo Indonesia. Isi dan penampilannya pun semakin bervariasi. Hanya nama dan karakter tokohnya tetap Bobo.

39 komentar:

  1. Wah, majalah yg bagus dan mendidik. Saya dulu berlangganan majalah ini tahun 1991-1994, ketika masih SD.

    BalasHapus
  2. Ini Adalah Majalah Paling Bagus.....

    BalasHapus
  3. satu-satunya majalah anak-anak yang paling terkenal di jamannya. Rasanya dulu nggak lengkap kalau belum baca majalah Bobo. Kehadirannya dinanti-nanti tiap minggu. Dulu saya mengenal majalah bobo sekitar tahun 1983 ketika masih SD, baru berhenti langganan sekitar tahun 1992 ketika lulus SMP.

    BalasHapus
  4. Dari dulu sampai sekarang masih tetap menjadi idola anak2...

    BalasHapus
  5. humpp,,
    majalah kesayangan gw nichh...
    sempedt menang lho...

    BalasHapus
  6. Majalah yang bagus dan mendidik, juga menghibur. Saya bacanya sari TK tahun 1987 sampai.....kuliah tahun 2002.

    BalasHapus
  7. saya suka banget baca bobo..
    dirumah dari umur 5 taun udah bisa baca ampe kuliah smester 4 saya baca bobo. :)

    BalasHapus
  8. kerenzzz buanget Bo...
    mamaku & adikknya juga langganan bobo dulu...
    woowww

    BalasHapus
  9. aku suka banget baca bobo ak senengggggg banget berteman dengan bobo
    seru dehhhh....

    BalasHapus
  10. yah saya krang lebih tidak pernah yang namanya berlangganan majalah ini, tapi lebih dari berlangganan saya membelinya dipasar didesa saya, harga loak cukup murah 500rupiah/majalah hihihi..
    saya ingat dulu naik sepeda buat beli majalah ini, tapi pas pulang saya kecelakaann haha..
    I love you BOBO ;)

    BalasHapus
  11. ada yang punya file asli edisi bobo yang pertama ngga ya...berikut isi-isinya ? Bisa buat kenang-kenangan ...

    BalasHapus
  12. baca Bobo dari kecil taun 1995 ampe skrg udah kuliah msh suka Bobo,, pengen magang d Bobo hiks,, gimana caranya, Bo? :"D

    BalasHapus
  13. Ya, hebat majalah ini
    Saya dulu langganan dari TK sampai pertengahan SMP, dan sampai sekarang2 buku2 Bobo masih banyak yang saya koleksi meskipun dah rada bulukan tapi tetep bisa dibaca
    Masih ingat tuh, Bobo, Gogori, Pocil, Bona&Rong2, Oki&Nirmala, Iseng2, Tak Disangka, dll...

    BalasHapus
  14. Aq ska bca mjlh bobo....
    tphi ga' langganan...

    BalasHapus
  15. bobo majalah kesayanganku....
    langganan bobo mulai dari aku TK (1989) - lulus SD(1996).tapi aku masih tetep suka baca majalah bobo sampai sekarang. aku koleksi bobo lawas..dimanakah aku bisa mendapatkan bobo antara tahun 1980 - 1995?
    email me: lucuwdidin@yahoo.com

    BalasHapus
  16. aku kenal bobo sekitar tahun 1982. waktu itu umurku baru 5 tahun dan masih tk. waktu itu harga bobo masih 5oo perak. murah bgt ya hehe... dulu ada rubrik mari membaca, juwita dan sisirik, cici bercerita tentang, trus tiap minggu ada sisipin yaitu cerita bersambung adaptasi cerita luar negeri. tapi seru dan tentu saja nggak sabaran menunggu jalan cerita selanjutnya. Bersama bobo, aku tumbuh dan berkembang. aku jadi suka mengarang dan mulai tahun 2003 cerpen-cerpen dan dongeng-dongengku dimuat di majalah Bobo. bahkan sempat juga menang juara harapan lomba cerita misteri 2007. Bobo sahabatku.. teman bermain dan belajar

    BalasHapus
  17. Rikel
    Aku langganan majalah BOBO dari kelas 1.
    Bobo banyak manfaatnya. "MAJU TERUS BOBO,TEMAN BERMAIN DAN BELAJAR. Salam buat keluarga BOBO di Negeri Kelinci,dan Oki,Nirmala di Negeri Dongeng dan semua kakak-kakak redaksi.

    BalasHapus
  18. Pratami Tamaka23 Oktober 2011 12.31

    majalah yang mendidik' saya berlangganan dari masih belum bisa baca' dan dibacain sama mama' smpe bisa baca sendiri sampe saya masuk SMP :)

    BalasHapus
  19. Denissa Audrey26 Oktober 2011 18.17

    aku paling suka majalah bobo sekarang aku udah kuliah aku beli bobo tahun 1995 aku kecelakaan dan di jahit

    BalasHapus
  20. majalah yang mendidik saya baca bobo dari masih kecil sampai saya menikah dengan istri saya pratami tamaka hingga sekarang mempunyaii seorang anak yg duduk di bangku taman kanak-kanak .

    BalasHapus
  21. aku senang berlangganan majalah bobo17 November 2011 20.07

    majalah ini sangat bagus dan mendidik aku berlangganan ini dari kelas satu sd sampai sekarang aku sudah kelas enam

    BalasHapus
  22. majalah bobo edisi lama beserta sisipannya :
    http://zonadjadoel.blogspot.com

    BalasHapus
  23. Aku sangat senang majalah bobo karena bermacam-macam hadiah dari sayembara bobo

    BalasHapus
  24. halo halo bandung ibu kota banyak geni.... banyak api waktu penjajahan..

    BalasHapus
  25. aku dulu suka bgt sama majalah bobo, sampe2 mau tidurpun majalahnya tetep di pegang, dan waktu itu aku bacanya sampe berkali kali, dulu nggak langganan tp belinya ngecer. Waktu itu tahun 1990 harganya masih 900perak, trs naik jadi 1200perak.

    BalasHapus
  26. aku sukaaaaaaaaaaaaaa banget bacanya.apalagi fbstory-nya,seruuuuuuuuuuuuuuu

    BalasHapus
  27. majalh yg memberikan impian kepadaku,,, membuatku bermimpi ttg dunia luar,,, nnti kalo punya anak, pasti bakal tak jejali mjlh ini juga he,,, ^ ^

    BalasHapus
  28. Wah... Aku pertamanya suka baca Bobo di perpustakaan sekolah, dari kls 3sd skrg SMP msh suka Bobo, pgn berhenti siih, tapi syg isinya bgus2 bget. Bahkan, isinya menjadi inspirasi tuk ku tulis di blog ku;)

    BalasHapus
  29. majalah yang sangat mendidik bagi anak-anak, ,
    sebelum tidur kayanya g lengkap kalau g baca majalah bobo, ,
    :)

    BalasHapus
  30. apa bobo bisa menerbitkan edisi tahun 1980- 1990?krna q pengen baca yang edisi itu(isinya bagus pengen nostalgia)pengen bgt..please....bobo...

    BalasHapus
  31. saya dulu berlangganan majalah bobo dari tahun 1977-1985...terbit setiap hari kamis kalo ngga salah ingat....bisa seharian ngga keluar kamar untuk membaca majalah bobo tersebut....i love you bobo

    BalasHapus
  32. majalah bobo adalah majalah yang banyak d sukai oleh anak_anak ,karena majalah yang bisa mendidik anak-anak bangsa indonesia.

    BalasHapus
  33. Aku sayang Bobo dari belom sekolah sampai sekarang udah kerja, hihihi... kadang2 masih suka beli. Makasih ya Bo, udah mengisi hari-hari dimasa kecilku dg hal2 menyenangkan :)

    BalasHapus
  34. kalau terbit tahun 1973 artinya saya termasuk generasi pertama pembaca majalah Bobo ditahun 1978-1980 saat kelas 2 SD, yang saya ingat adalah salah seorang teman punya koleksi yang berbahasa belanda dengan format yang lebih lebar....

    BalasHapus
  35. Bobo, kawanku, si Kuncung dan tak ketinggalan Eppo... ada yang masih ingat?..

    BalasHapus
  36. puteri anastasya aqiela30 April 2013 11.02

    akk juga seneng baca bobo pokok nya keren banged deh
    akk kenal majalah bobo dari kakak kku
    dan sampai sekarang akk masih seneng baca.a

    BalasHapus
  37. aku seneng majalah bobo , karena mendidik .aku tahu banyak karena bobo.

    BalasHapus
  38. aku kenal majalah bobo dr kakak ku dan skrng aku msh langganan bobo.. aku seneng baca majalah bobo.... :) terima kasih majalh bobo.... :) :)

    BalasHapus
  39. Masa kecil yang indah....

    BalasHapus