Jumat, 05 Februari 2010

Kamoshika

Sanpei Momokuri bekerja sebagai pegawai negeri di kantor Pemerintah Kota Sakaue. Ia menempati Divisi Manuver Khusus yang ternyata tidak jelas kerjanya. Awalnya Divisi Manuver Khusus dibentuk untuk melakukan pekerjaan apapun. Tapi karena sudah banyak divisi dalam kantor pemerintahan, maka "Petugas yang melakukan apapun" malah menjadi "Petugas yang tidak melakukan apapun".

Hal ini membuat gerah Momokuri yang berdarah panas dan sangat ambisius untuk membangun kota. Akhirnya ia membuat gebrakan dengan turun langsung ke masyarakat untuk membantu memecahkan masalah masayrakat.
Hal pertama yang dilakukannya ialah menolong seorang anak kecil dengan mencari kura-kuranya yang jatuh ke got. Setelah itu, orang-orang menyadari bagaimana sesungguhnya kerja Divisi Manuver Khusus itu.

Sehari setelahnya, Divisi Manuver Khusus digani namanya menjadi Kamoshika. Dalam Bahasa Jepang, "~kamo" = [mungkin] dan "~shika" = [hanya]. Di kota Sakaue, meski muncul kejadian yang menyusahkan seperti apapun, "Mereka akan [mungkin] selalu melakukannya dan mungkin [hanya] mereka yang bisa melakukannya. Begitulah makna kamoshika sebenarnya. Namun, kamoshika juga berarti Rusa Kutub sehingga pergantian nama oleh walikota membuat pegawai negeri lainnya ZOOOONNK!!

Tidak jarang Momokuri harus melawan kebijakan pemerintah untuk membela kepentingan warga kotanya. Komik ini cocok banget bagi yang ingin menjadi pengabdi masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar