Selasa, 09 Februari 2010

Ternyata google punya kembaran

Tentunya kita sudah akrab dengan yang namanya om Google. Tiap kita pengen nyari sesuatu, tanyakan aja pada om Google, nanti beliau tunjukkin tempatnya. Ternyata, si om ini punya kembaran lho.

Tampilan Google yang seperti biasa tuh kan seperti ini
nah, ini kembarannya..

Blackle.com
Blackle dibuat oleh Heap Media dan merupakan search engine yang didukung oleh Google. Menurut si pembuatnya, Blackle akan menghemat energi karena didominasi layar hitam. "Gambar yang ditampilkan pada dasarnya merupakan suatu fungsi dari pengguna pengaturan warna dan desktop grafis, serta warna dan ukuran jendela aplikasi yang terbuka; monitor tertentu membutuhkan lebih banyak kekuatan untuk menampilkan putih (atau cahaya) layar daripada hitam (atau gelap) layar. " Roberson et al, 2002

Dengan diluncurkannya Blackle, diharapkan ada penghematan daya hingga mencapai 750 MWh per tahun. Beneran ga ya, kalo tampilannya serba hitam bisa ngehemat daya?

Goojje.com

Beberapa hari setelah Google mengancam akan mengeluarkan Cina dari websitenya (karena sering jebol sama hacker Cina sih....), situs Goojje.com muncul. Nama China Goojje berakhir dengan huruf yang berarti "jie jie (姐姐)" yang artinya sister . Sedangkan nama China untuk Google berakhir dengan huruf yang merupakan homonim dengan huruf "ge ge (哥哥)" yang artinya brother. Dari penjelasan tersebut bisa dikatakan, Goojje is the sister of Google.

Mengenai tujuan dibentuknya Goojje, si pembuatnya (yang mengaku sebagai mahasiswi Universitas Guangdong, cewe lho..!) berkata,

"Alasan saya membuat Goojje, di samping brother (Google) akan pergi, adalah untuk mewujudkan mimpi yang harmonis. Saya berharap Goojje dapat membawa kebahagiaan bagi setiap orang, berharap Goojje dapat emnemani Anda di kala sepi, berharap agar Goojje dapat membantu setiap orang memahami berita dalam internet."

1 komentar:

  1. Submit your blog or website now for inclusion in Google and over 300 other search engines!

    Over 200,000 sites listed!

    SUBMIT NOW using I NEED HITS!

    BalasHapus