Kamis, 04 Februari 2010

Pria yang mengalami cegukan terlama

Pasti Anda pernah cegukan. Jika tidak segera berhenti, cegukan kerap membuat Anda merasa jengkel bukan. Cegukan terjadi karena diafragma (sekat rongga badan antara dada dan perut) mengejang. Akibatnya pita suara menutup dengan cepat sehingga menghasilkan suara keras.

Lalu apa yang biasanya Anda lakukan jika mengalami cegukan? Mungkin ada yang menahan nafas agak lama untuk memulihkannya. Atau ada juga yang meminum segelas air sambil menahan nafas. Atau dengan cara klasik yaitu dikagetkan. Namun itu semua nihil bagi seorang Charles Osborne yang mengalami cegukan terus menerus selama 68 tahun!

Osborne merupakan warga Anthon, Iowa, Amerika Serikat, dan ia masuk dalam Guinness World Records sebagai laki-laki dengan dengan cegukan terlama. Cegukan yang dialaminya dimulai pada tahun 1922 dengan kecepatan 40 kali per menit, melambat menjadi 20 cegukan per menit dan akhirnya berhenti pada 5 Juni 1990, total 68 tahun.

Cegukan Osborne dimulai pada tahun 1922 saat ia sedang menimbang babi untuk disembelih. Meskipun kondisinya demikian, Osborne mampu menjalani hidup dengan normal, menikah dan memiliki delapan anak. Serangan cegukan itu berakhir secara misterius pada tanggal 5 Juni 1990. Osborne meninggal di Kota Sioux, Iowa pada tanggal 1 Mei 1991.

Artikel tentang Charlie Osborne pada surat kabar Gainesville Sun edisi 16 September 1987

Tidak ada komentar:

Posting Komentar