Rabu, 03 Februari 2010

Asal usul Teddy Bear

Tentunya Anda sudah mengenal dengan boneka yang disamping ini. Yup, boneka beruang lucu ini berasal dari Amerika Serikat dan terkenal dengan sebutan Teddy Bear. Namun siapa yang menyangka bahwa nama Teddy Bear diilhami dari kisah Presiden Theodore Rosevelt, Presiden AS ke-26.

Pada tahun 1902, terjadi sengketa batas wilayah antara negara bagian Mississippi dan Louisiana. Para gubernur dari kedua negara bagian mengundang Presiden Theodore Roosevelt untuk menengahi sengketa tersebut. Roosevelt memutuskan untuk menjelajahi daerah sengketa sekaligus berburu beruang hitam selama lima hari.

Keputusan Presiden tersebut membuat banyak wartawan tertarik untuk meliputnya. Setelah 4 hari berburu, belum satu pun beruang didapatnya. Pada hari ke-5, seorang pemburu diam-diam menangkap anak beruang dan mengikatnya ke pohon agar bisa ditembak Presiden. Hal ini ia lakukan agar reputasi Presiden tetap terjaga.

Ketika Roosevelt melihat beruang tersebut, ia menolak membunuhnya. Ia tidak mau membunuh hanya untuk kesenangan semata. Hal itu disaksikan oleh Clifford Berryman, seorang kartunis harian Washington Post. Clifford segera membuat gambaran kejadian tersebut dalam bentuk kartun sehingga kisah ini menjadi terkenal hingga sekarang.

Kartun karya Clifford Berryman yang menggambarkan kisah Presiden Theodore saat melepaskan beruang kecil

Seorang laki-laki bernama Morris Michtom memiliki toko permen dan alat-alat tulis. Istrinya yang bernama Rose kadang-kadang membuat boneka beruang kecil yang diletakkan di jendela toko mereka. Morris melihat kartun beruang di koran dan mendapatkan ide. Dia minta istrinya membuat beberapa beruang khusus seperti yang ada dalam gambar kartun itu.

Morris Michtom dan boneka beruang buatan istrinya

Lalu Morris menulis surat yang ditujukan ke Gedung Putih, menanyakan apakah beruang baru itu boleh diberi nama seperti nama Presiden. Presiden membalas surat itu, “Saya pikir nama saya tidak begitu berharga dalam bisnis beruang, tapi anda boleh saja menggunakannya”

Maka Morris meletakkan beruang-beruang baru itu di jendela tokonya, di sebelah gambar kartun. Boneka beruang itu dinamai dengan nama panggilan Presiden Roosevelt, Teddy. Dan sampai sekarang boneka beruang tersebut terkenal dengan nama”Teddy Bear”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar